Langsung ke konten utama

Belajar Mengenal Sistem Informasi

Apakah sistem informasi itu?

Di setiap tahun perkembangan teknologi semakin maju. Apapun hampir semuanya harus menggunakan sistem informasi. Mungkin banyak dari sebagian orang yang belum mengetahui tentang sistem informasi, maka dari itu ayo kita belajar mengenal Sistem Informasi dari beberapa sumber.

Sistem Informasi dan teknologi merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi keberhasilan sebuah organisasi yang dapat meningkatkan efektivitas dan efesiensi berbagai proses organisasi.

Menurut Anisya (2013) bahwa Sistem Informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam artian tersebut menjelaskan bahwa sistem informasi merupakan interaksi antara orang, proses, algoritma, data dan teknologi. Sedangkan menurut Rohmat Taufiq (2012) bahwa Sistem Informasi adalah kumpulan dari sub-sub sistem yang saling terintegrasi dan berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah tertentu dengan cara mengolah data dengan alat yang namanya komputer sehingga memiliki nilai tambah dan bermanfaat bagi penggunanya. Yang maksudnya bahwa data-data yang dihasilkan dari sistem tersebut akan memberikan informasi yang dapat digunakan untuk perencanaan usaha kedepannya.

Sedangkan pengertian lain dari sistem informasi menurut Kusrini (2007) menjelaskan bahwa sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan merupakan kegiatan strategi dari suatu organisasi.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah kombinasi dari teknologi informasi, aktifitas orang dan pengolahan data yang menggunakan teknologi tersebut untuk mendukung operasi, manajamen dan laporan-laporan tertentu yang diperlukan.

Sistem Informasi terdiri dari beberapa KOMPONEN yang berguna untuk membangun sistem informasi untuk saling berkaitan satu sama lainnya.

Menurut Tata Sutabri (2012) bahwa komponen sistem informasi adalah terdiri dari blok masukan, blok model, blok keluaran, blok teknologi, blok basis data dan blok kendali.

Berikut beberapa penjelasan dari 5 blok komponen sistem informasi.

1. Blok masukan (Input Block)

Input mewakili data yang masuk ke dalam sistem informasi, seperti entry data karyawan, data obat, data supplier, data pasien dan data transaksi.

2. Blok Model (Model Block)

Blok ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan model matematika yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah tertentu untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan. Adapun logika matematika tersebut diantaranya untuk menghitung penjualan, pembelian dan laba-rugi.

3. Blok Keluaran (Output Block)

Produk dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem. Contohnya berupa laporan yang dibutuh pada suatu instansi atau organisasi tersebut.

4. Blok Teknologi (Technology Block)

Teknologi merupakan "tool box" dalam sistem informasi. Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirim keluaran dan membantu pengendalian dari siatem secara keseluruhan. Teknologi terdiri dari 3 (tiga) bagian utama, yaitu teknisi (brainware), perangkat lunak (software), dan perangkat keras (hardware).

5. Blok Basis Data (Databases Blok)

Basis data (database) merupakan kumpulan data yang saling berkaitan dan berhubungan satu sama lain, tersimpan di perangkat keras komputer dan menggunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Database yang biasa digunakan adalah MySQL.

Nah itulah sedikit pembahasan tentang Sistem Infromasi. Semoga bermanfaat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Pertama Jadi Seorang Ibu

Tepatnya tanggal 28 November 2019, aku melahirkan seorang putri pada hari Rabu, jam enam lewat lima belas menit, yang kemudiannya aku beri nama Aisyah Humaira. Senyum merekah keluar dari bibirku tatkala aku memeluk tubuhnya yang mungil dengan berat 3 kilogram dan tinggi 50 centimeter. Aku memeluknya dan menciumi pipinya. Waktu itu matanya tertutup, kulitnya putih dengan rona kemerah-merahan. Ku amati wajahnya lekat, "nak, kamu mirip siapa?" Tanyaku sendiri sambil melihat tubuh putriku dari wajah sampai ke kaki mungilnya. Ya dia mirip sekali dengan ayahnya yaitu suamiku tercinta. Aku sangat bersyukur karena dengan usaha dan kekuatanku sehari semalam, akhirnya aku bisa melahirkan putriku dengan normal tanpa operasi. Dan itupun rasanya waaaw luar biasa, dan melihat wajah putriku yang aku lahirkan rasanya jadi tambah waw waw luar biasa. Alhamdulillah. Menjadi seorang ibu untuk pertama kalinya, aku tidak tau harus melakukan apa, dan aku sangat bersyukur karena aku mem

Pertama Untuk Kesekian Kalinya

Assalamu'alaikum Hai.... Aku sedikit kikuk untuk menulis, entah karena sudah lama sekali atau memang akunya yang tidak pandai untuk menulis, entahlah. Blog ini sudah lama aku buat, jauh sekali sejak aku kuliah, rencana awalnya blog ini akan terus berjalan sampai sekarang, tapi karena tidak pd dengan tulisan sendiri akhirnya selalu saja dihapus. Sampailah pada perkembangan zaman ini aku kembali teringat tentang blog ini dan akan aku ulang kembali cerita yang dahulu kalanya terputuskan oleh waktu. Kenapa? Itulah pentingnya, dahulu kala aku sibuk dengan dunia pekerjaan yang melelahkan itu, menguras fikiran, tenaga dan hatiku. Sekarang semua itu telah aku putuskan dan telah diputuskan aku menghentikannya disaat Allah mengizinkanku dan dengan tangan-Nya juga aku tertolongkan untuk keluar dari situasi lingkungan yang menyiksa itu. Aku melahirkan seorang buah hati nan cantik jelita, seorang perempuan yang InsyaAllah anak Sholehah. Anakku sayang Aisyah Humaira, membuat hari-